Header Ads

Hantu Sumiati Urban Legend Makassar

Urban Legend Makasar Misteri Hantu Sumiati

Hantu Sumiati – Urban Legend Adalah sebuah legenda perkotaan dimana sekarang saya akan membahas tentang sesosok hantu wanita yang benama Sumiati yang menghantui kota Makassar selama bertahun tahun lamanya Urban legend itu terus dikenal dengan nama Sumiati.
Baca juga Urban Legend Si Manis Jembatan Ancol

Hantu Sumiati Urban Legend Makassar

Pada saat periode tahun 1990-an, saat Kota Makassar masih bernama Ujung pandang, beredar kabar jika ada sesosok hantu wanita yang bernama Sumiati yang kerap menghantui wargayang tinggal di seluruh penjuru kota. Saat itu, setiap orang-orang sangat sering menceritakan setiap gangguan dan penampakan dari sosok hantu perempuan ini.

Menurut sebuah cerita yang beredar dikalangan masyarakat, hantu Sumiati muncul pertama kali di sebuah daerah yang bernama Karaenta. Konon, menurut cerita yang beredar ,pada saat itu ada seorang siswi yang tengah kesurupan / kerasukan makhluk halus. Di tengah-tengah kesurupan tersebut, siswi itu kerap menunjuk ke sebuah lokasi. Karna Mengikuti keinginan sang dedemit yang memasuki dan menguasai tubuh siswi tersebut, orang-orang yang menyaksikan hal itu pun kemudian mengikuti arah yang siswi itu tunjuk,dan arah itu menuju ke sebuah hutan lindung di Karaenta. Saat di dalam hutan tersebut, ada sebuah pohon beringin tua yang sangat besar dan siswi pun sembuh dari kerasukan. Sejak kejadian itu lah, hantu Sumiati sangat sering dijumpai sedang menampakkan diri di bawah pohon beringin itu.

Namun bagi sebagian orang, Sosok hantu Sumiati bukan hanya muncul di tempat itu saja. Beberapa orang bahkan pernah mengaku telah melihat penampakan menyeramkan dari sosok hantu Sumiati di sebuah taman yang berada di pusat kota Makassar. Taman tempat munculnya hantu itu biasa disebut dengan nama taman macan atau taman segitiga karena bentuk taman yang menyerupai segitiga dan memiliki sebuah patung harimau yang besar dan berdiri di sana. Walau begitu, penampakan Hantu ini juga kerap dilaporkan sering muncul di berbagai tempat di seputar kota Makassar berdasarkan oleh kesaksian orang-orang yang mengaku pernah melihatnya secara langsung.
Baca juga Urban Legend Mae Nak Thailand

Mitos Yang Beredar Seputar Hantu Sumiati

Hantu Sumiati Urban Legend Makassar 1

Beredar kabar jika sebenarnya hantu Sumiati ini sebenarnya tidak berbahaya apabila dia menampakkan wujudnya dengan pakaian yang serba putih. Mitosnya, itu hanya akan dilakukannya untuk memberitahu kita tentang keberadaannya yang ada di tengah-tengah kita. Walaupun seperti itu, hantu Sumiati bisa dapat sangat berbahaya apabila dia sedang mengenakan pakaian yang serba merah. Konon jika hantu Sumiati menampakan diri dalam wujud seperti itu, menandakan bahwa akan ada korban yang sedang diincarnya.

Mitos lainnya mengatakan, Jika sebenarnya hantu Sumiati hanya menampakkan dirinya atau meneror orang-orang yang bekerja sebagai tukang becak dan sopir angkutan antar kota. Mitos ini, erat sekali kaitannya dengan kisah saat hidupnya yang kelam sehingga hantu ini dendam pada orang-orang yang berkerja semacam itu. Walau begitu, sampai sekarang kebenarannya tidak pernah terungkap.

Dari beberapa cerita yang merebak di kalangan masyarakat, cerita ini berawal dari sebuah kisah hidup seorang gadis desa yang bernama Sumiati ,gadis ini ingin mengubah nasib kehidupan keluarganya yang susah dengan tinggal dan bekerja mencari nafkah di kota Makassar.

Namun sial bagi dirinya, tanpa adanya seorang kerabat dalam mengais rejeki di kota besar, Sumiati yang sedang berjalan sendiri di malam hari, disekap oleh sekelompok pemuda yang kebetulan berpapasan dengannya di jalan. Suasana pada saat itu memang sangat sepi dan sunyi, sehingga Sumiati tidak berdaya saat meminta pertolongan. Pada malam itu, kehormatannya telah direnggut oleh para pemuda-pemuda bejat tersebut.

Setelah puas, salah seorang dari pemuda tersebut yang merupakan sopir antar kota, menyeret tubuh lemas Sumiati yang tidak berdaya naik ke atas mobilnya. Ditemani oleh kawan-kawannya, Sumiati dibawa ke sebuah tempat dan dibuang. Selama perjalanan menuju tempat tersebut, Sumiati mengetahui jika pemuda-pemuda itu adalah tukang becak dan sopir angkutan kota yang berada di kota Makassar. Sumiati mencoba melawan dengan sekuat tenaga untuk melawan sekapan dan mencoba melarikan diri dari para pemuda tersebut ,karna panik mendapatkan perlawanan para pemuda ini meringkus tubuh sumiati dengan sangat kasar, dan tanpa sengaja salah satu dari kawanan tersebut membunuh gadis itu. Panik dengan kematian Sumiati, Para kawanan itu kemudian merencanakan untuk membuang jasad Sumiati. Setelah lama berputar-putar ke berbagai tempat, para pemuda itu kemudian tiba di sebuah tempat yang sangat terpencil. Mereka pun menurunkan jasad Sumiati dan menggali tanah disekitar termpat tersebut.Setelah menggali tanah cukup dalam , mayat Sumiati pun dikuburkan tidak sempurna begitu saja.

Karena kematiannya yang sangat tragis, arwah Sumiati pun bergentayangan dan menjadi sosok hantu perempuan yang sangat menakutkan, Hantu Sumiati ini terus mencari orang-orang yang telah melakukan perbuatan jahat kepada dirinya. Ia pun Mengincar para pemuda yang bekerja sebagai tukang becak dan sopir-sopir angkutan kota yang memiliki persamaan dengan kawanan pelaku saat membunuh dirinya. Sejak saat itu, kota Makassar menjadi gempar dengan adanya penampakan hantu ini.
Baca Juga Urban Legend Maria Labo

Beberapa Fakta Tentang Hantu Sumiati

Berikut ini adalah sebuah fakta terangkum tentang keberadaan hantu Sumiati “urban legend” di Makassar :

Hantu Sumiati berasal dari kabupaten Pinrang, di Sulawesi Selatan. Sumiati merantau dan mengais rejeki ke kota Makassar setelah dewasa. Hantu Sumiati kerap menampakkan diri dengan berpakaian serba merah.

Hantu Sumiati dulu sering menampakkan dirinya di :

– Sekitaran Jalan Sungai Tangka, Kota Makassar.
– Sekitaran Jalan Taman Makam Pahlawan, Kota Makassar.

Hingga saat ini Hantu Sumiati tidak pernah lagi terdengar kabarnya & diberitakan di pemberitaan kota Makassar.

Baca Juga 10 Urban Legend Di Jepang

loading...

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.