Header Ads

Kisah Legenda Permainan Kuno Jailangkung

Jaman yang sudah berkembang seperti sekarang ini secara perlahan mulai menggerus semua permainan-permainan tradisional, permainan-permainan yang dulunya cukup digemari oleh beberapa kalangan kini perlahan mulai hilang. Sebenarnya ada banyak permainan tradisional yang begitu melegenda di tanah air, sebut saja engrang sampai permainan yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu seperti congklak. Masih banyak lagi permainan tradisional yang cukup melegenda di tanah air, tapi ada beberapa permainan yang berhubungan dengan dunia mistis atau gaib yaitu permainan jailangkung. Permainan jailangkung sendiri memang tidak bisa terlepas dari hal mistis karena pada dasarnya permainan ini memang merupakan jenis permainan yang berhubungan langsung dengan arwah dari dimensi yang berbeda dengan manusia.
Sejarah Jailangkung
Permainan ini tentu sudah tidak asing lagi bagi seluruh kalangan masyarakat tanah air, bahkan permainan ini sudah begitu melegenda sejak turun temurun, Anda pernah memainkannya? Tahu legenda jailangkung seperti apa? Konon permainan yang sebenarnya sangat murah meriah ini berhubungan dengan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Dulunya pada era dinasti masyarakat Tionghoa mengenal permainan legendaris ini sebagai sebuah ritual yang sangat sakral, konon ritual ini dulunya digunakan untuk meminta pertolongan kepada dewa Poyang dan Moyang agar kedua dewa ini bisa menjaga anak-anak mereka. Kala itu ritual ini dikenal dengan nama ‘Cay Lang Gong’.

Berawal dari istilah ‘Cay Lang Gong’ ritual yang sudah melegenda bagi masyarakat Tionghoa pun diresap ke dalam bahasa Indonesia dan kemudian dikenal dengan nama jailangkung. Berawal dari sebuah ritual, lama kelamaan berubah menjadi sebuah permainan dan mulai dimainkan bagi kalangan anak muda yang ingin mencari adrenalin dengan dunia gaib. Dengan menyediakan media seperti boneka yang terbuat dari tempurung kelapa, kayu dan selembar kain serta alat tulis tidak sedikit masyarakat tanah air mulai memainkannya. Tujuan memainkan permainan ini cukup beragam, ada yang hanya sekedar iseng tapi tidak sedikit pula yang memanfaatkan jailangkung untuk hal-hal yang lain, bahkan ada juga memainkan jailangkung untuk meminta kekayaan.

Tentu Anda sudah tahu bagaimana cara permainan ini dilakukan. Menurut legenda untuk memainkan permainan ini dibutuhkan setidaknya 3 sampai 4orang, lalu membentuk tempurung kelapa, kayu, kain dan juga alat tulis menyerupai boneka dan membaca kalimat untuk memanggir hantu ataupun arwah, jika boneka mulai terasa berat dan sulit dikendalikan konon menurut legenda itu berarti arwah sudah masuk. Biasanya bagi orang yang sekedar iseng mereka akan mempertanyakan berbagai macam hal, tapi umumnya di awali dengan pertanyaan siapa sosok.

Permainan jailangkung ini sudah begitu melegenda di tanah air, namun di balik kisah legendanya permainan ini juga menyimpan sejumlah kisah mengerikan. Konon bagi siapa yang bermain harus menyiapkan mental dengan baik karena jika pegangan pada boneka terlepas atau permainan dihentikan tanpa mempersilahkan makhluk gaib itu pergi maka hantu yang merasuki media akan menuntut balas. Bahkan menurut legendanya pernah manusia yang menjadi tumbal jailangkung. Pernah memainkannya?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.