Header Ads

Hantu Legendaris di Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan yang di dominasi oleh suku Makassar dan Bugis juga punya kepercayaan yang cukup kental dengan fenomena mistis. Bahkan masyarakat Sulawesi Selatan juga memiliki sejumlah hantu terkenal yang telah menjadi legenda secara turun temurun.

Keyakinan masyarakat tanah air akan dunia gaib memang cukup banyak dipercayai oleh berbagai kalangan, termasuk pula masyarakat suku Bugis dan Makassar. Adat dan budaya yang mewarsikan sejumlah legenda termasuk hal-hal gaib masih cukup hidup sampai sekarang ini. Seperti apa hantu legendaries Sulawesi Selatan? Berikut ulasannya.


Hantu Longga
Hantu longga atau yang lebih sering disebut oleh masyarakat Sulawesi Selatan dengan nama setan longga konon merupakan hantu dengan wujud hitam dan sangat tinggi. Menurut kisahnya tinggi hantu ini dapat mencapai setinggi pohon kelapa dan sangat suka mengganggu anak-anak. Bahkan konon hantu ini juga suka menculik anak-anak, dan mereka yang menjadi korbannya biasanya baru akan ditemukan tiga hari setelahnya dengan keadaan yang mengenaskan.

Hantu Asu Panting
Hantu ini bisa disebut sebagai hantu manusia serigala namun dalam versi masyarakat Bugis dan Makassar. Hantu ini menurut kisahnya sangat jarang mengganggu dan hantu ini konon tidak bisa dengan mudah dilihat karena larinya sangat cepat. Namun menurut kisahnya hantu ini sering meninggalkan bulunya yang mudah rontoh, konon barang siapa yang menginjaknya maka dia akan mendapat malapetaka bahkan bisa sampai lumpuh.

Hantu Cambeu
Hantu ini mungkin cukup aneh bagi sebagian besar masyarakat, karena konon hantu ini sering mengganggu manusia dengan cara menggelitiknya. Tapi dari perwujudannya hantu ini cukup mengerikan, konon hantu cambeu hanya memiliki tinggi badan sekitar 30cm dan rambut yang sangat panjang bahkan lebih panjang dari tubuhnya. Konon hantu ini adalah perwujudan dari seorang bayi malang yang dibuang oleh Ibunya setelah ia dilahirkan. Dalam kisahnya hantu ini dipercaya sering terdapat di pohon-pohon bambu yang padat.

Hantu Parakang
Makhluk gaib yang satu ini bisa disebut sebagai makhluk jadi-jadinya, dan lebih tepatnya mungkin bukan hantu. Tapi makhluk gaib yang satu ini adalah seorang manusia yang mendalami ilmu hitam demi mendapatkan kekayaan dengan jalan pintas. Konon makhluk ini bisa berubah-rubah wujud saat mengincar korbannya. Konon makhluk gaib ini sangat suka menghisap isi perut Ibu yang akan melahirkan dan anak-anak. Mengerikan dan dapat menyebabkan kematian pada korbannya adalah legenda parakang yang sudah terkenal sejak dulu.

Hantu Poppo
ama seperti parakang, hantu ini juga sebenarnya bukanlah makhluk gaib yang berasal dari dunia lain tapi dia adalah seorang manusia yang mendalami ilmu hitam. Konon makhluk ini juga suka memakan isi perut anak bayi yang baru dilahirkan. Makhluk ini dikenal dengan nama Poppo karena konon makhluk ini akan mengeluarkan suara “pok,pok,pok” yang menandakan keberadaannya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.